Selamat Datang di Blog Campur Aduk

Jumat, 01 November 2013

Masalah pada gusi berkaitan dengan penyakit jantung



Masalah pada gusi berkaitan dengan penyakit jantung


MY BLogPenyakit gusi dan penyakit jantung tampaknya adalah dua masalah kesehatan yang berbeda. Namun apakah benar kedua penyakit ini saling berhubungan? Setidaknya begitulah yang ditemukan oleh penelitian.
Meski penelitian masih terus berlangsung dan kesimpulan yang diambil masih belum bulat, namun telah banyak penelitian yang menunjukkan adanya kaitan antara kesehatan mulut (gigi dan gusi) dengan kesehatan jantung.
Pada penelitian sebelumnya, pasien yang mengalami masalah jantung diketahui memiliki masalah mulut dan gusi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak terkena masalah jantung. Masalah pada jantung bisa terjadi ketika ada penyempitan pembuluh darah atau penyumbatan pada pembuluh darah, seperti dilansir oleh Times of India (19/09).
Diketahui bahwa bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah melalui gusi atau gigi yang berlubang. Bakteri ini bisa menyebabkan pembekuan darah pada dinding pembuluh darah atau jantung. Hipotesis ini menjelaskan bahwa bakteri tersebut kemudian menyebabkan penyumbatan dan masalah pada jantung.
Selain masalah jantung, terdapat juga beberapa masalah kesehatan lain yang dipercaya berkaitan dengan kesehatan gusi, antara lain diabetes, berat badan rendah saat melahirkan, luka pada lambung, infeksi paru-paru, dan disfungsi ereksi. Meski begitu, kaitan antara penyakit-penyakit tersebut dengan penyakit gusi juga masih menjadi bahan penelitian dan perdebatan hingga saat ini.
Walaupun hasil penelitian masih belum sepenuhnya jelas dan masih menjadi perdebatan, namun tak ada salahnya memelihara kebersihan dan kesehatan mulut (gigi dan gusi) untuk mencegah adanya penyakit lain yang menyerang tubuh kita. (sumber)

Tidak ada komentar: